Mau Gambar Pakai Cara yang Mana Nih?

Teknik Menggambar Ilustrasi

Dalam menggambar Ilustrasi, memiliki beberapa teknik. Tentunya setiap teknik ini menghasilkan kualitas dan ciri khas gambar ilustrasi yang berbeda beda. Berikut teknik menggambar ilustrasi yang dapat saya uraikan:

1. Tradisional

Menggambar dengan teknik tradisional ini berarti menggambar dengan menggunakan alat alat tradisional. Nah alat tradisional ini apa aja sih? Banyak sekali tentunya alat gambar tradisional, seperti pensil, pena, tinta, cat, dan masih banyak lagi. Media yang digunakanpun tradisional, seperti kertas, kanvas, kain, dan media media dari kulit tumbuhan dan hewan. Dalam mengambar tradisional kesan yang ditonjolkan adalah hasil karya dari goresan tang secara langsung pada media. Pada teknik tradisional ini juga dibagi menjadi beberapa teknik lagi antara lain teknik sketsa, dussel, watercolor, pointilis, dan masih banyak lagi.

2. Digital

Teknik Digital, menggambar dengan teknik digital ini menggunakan peralatan yang disupport oleh teknologi. Peralatan yang digunakan yaitu antara lain Laptop, prangkat PC, handphone, tablet, pen tablet, stylush pen, mouse, dan masih banyak lagi. Kita dapat menggambar langsung pada sebuah software yang terhubung dengan peralatan tersebut.



Komentar

  1. Wah sangat mudah dipahami kak🤗. Tapi dalam diri saya, ada perasaan menggelitik rasa penasaran tentang hobby saya membaca webtoon. Nah untuk webtoon menggunakan teknik apasih kak?

    BalasHapus
  2. Wah hobby anda sama dengan saya nih kak, karena saya juga penggemar webtoon saya juga sempat melihat lihat nih banyak judul webtoon. Dan memang sebagian besar author webtoon menggunakan teknik digital nih kak. Untuk pemahaman lebih dalam, nampaknya saya perlu kembali membuka webtoon saya untuk melakukan riset. Jika ada kesempatan akan saya buat sebagai postingan dalam blog saya. Jadi tunggu ya kak, sambil menunggu follow juga biar bisa tau update an terbarunya. Terimakasih.

    BalasHapus
  3. makasih kak blog nya, membantu banget buat aku yang suka gambar tapi selalu kurang memuaskan hasilnya huhuhu.
    oiya kak aku kepo banget gimana caranya gambar keren pake aplikasi android semacam autodesk sketchbook, ibis dan yang lainnya kak. Aku request kak untuk next post buat tutorial menggambar pake aplikasi android ya kak, tengkyuuuu
    Sukses terus kak Annisa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke kakk siap pastinyaaa ditunggu ya update an nya, saya bakal hadir dengan tutorial menggambar sederhana pake Autodesk Sketch nih kak, jadi stay tune yaaaa. Makasih...

      Hapus
  4. Wah bermanfaat sekali kak buat saya yg hanya bisa gambar gunung, sawah, dan rumah :’). Oh iyaa untuk menggambar ini kak Nisa dapat inspirasi dari mana ya? Apa mencontoh atau kah imajinasi sendiri gitu? Boleh dong kak tutorialnya nanti siapa tau saya bisa menggambar, terimakasih🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap siappppp kak Mileee, akan ada nanti tentunya diupdate an selanjutnya ya... ditunggu, dan stay tune jangan sampe ketinggalan info..Tunggu ya kak, saya akan membagikan tips menggambar sederhana yang pastinya tydac bikin pusing. Stay tune terus ya kak disini. Oh ya kak, Jangan lupa Follow kami untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini :)Gomawooo..

      Hapus
  5. Wah bermanfaat banget nih blognya kakak, ehm..tapi mungkin bisa ditambahkan lagi didalam blognya kak kelebihan dan kekurangan dalam cara tradisional dan digital kak. Dan juga kak, saya mau tanya nih, untuk pemula dan orang awam seperti saya lebih baik menggunakan yang mana ya kak? ehe bingung nih, mungkin kakak ada saran? Semangat kak !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke oke kak Finda, pertanyaan ini mungkin akan saya bahas dipostingan selanjutnya ya. Stay tune terus ya kak disini. Oh ya kak, Jangan lupa Follow kami untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini :)

      Hapus
  6. Keren kak! Saya sebenarnya dari dulu sangat tertarik untuk membuat sebuah ilustrasi, tapi tidak tahu dasar dasarnya apalagi gambar saya juga tidak wah banget. Dasar dasar untuk orang yang tidak terbiasa menggambar bagaimana kak? Terima kasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak kak Amanda sudah berkunjung ke blog saya nih. Tunggu ya kak, saya akan membagikan tips menggambar sederhana yang pastinya tydac bikin pusing. Stay tune terus ya kak disini. Oh ya kak, Jangan lupa Follow kami untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini :)

      Hapus
  7. Mantap nih min infonya.. tapi mau menambahkan min, terkadang ada juga menggambar ilustrasi antara perpaduan tradisional dengan digital. Misalnya biasanya kita menggambar dulu pada secarik kertas, bisa berupa sketsa atau lebih detail lagi. kemudian biasanya di scan/foto kemudian di digital art di komputer/laptop menggunakan software entah seperti adobe ilustrator, atau bisa juga coreldraw.. Saya pernah mencoba soalnya min waktu menggambar karikatur.. hehe low badget untuk beli pen soalnya wkwk, btw mantap nih min informasinya... terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bener juga nih kak, saya pernah tau juga teknik gambar seperti ini. Nanti akan saya bahas ya dipostingan selanjutnya. Stay tune terus ya kak disini. Oh ya kak, Jangan lupa Follow kami untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini :). Oh ya kak beli pen bisa nabung dulu ya, yang murah ada kok.. beli di aku ya bisa kak ehe kwk

      Hapus
  8. Waahh keren banget informasinya min..
    Sebenarnya saya ada ketertarikan di dunia melukis, tapi saya tidak tahu teknik2 dalam melukis itu sendiri.. pernah coba2 melukis dengan cat air di atas papan kayu kecil tapi hasilnya gak karuan hehe... coba min di bahas tentang teknik2 melukis tradisional dan sebaiknya menggunakan bahan dan media apa untuk pemula seperti saya... terima kasih min, semangat untuk terus berbagi pengetahuan ttg art

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh keren banget, melukis ya kak Jihan. Saya juga pernah kok kak, untuk hasil yang ga kruan tuh ga masalah, yang penting kan kita sudah mau coba dulu. Lain kali saya akan bagikan tips deh kak menggambar mudah yaaa biar kita semua bisa saling belajar. Stay tune terus ya kak disini. Oh ya kak, Jangan lupa Follow kami untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini :)

      Hapus
  9. sebetulnya saya ingin menggambar secara digital min tetapi untuk pemula seperti saya mungkin adakah peralatan yang diperlukan untuk menggambar secara digital serta aplikasi yang digunakan itu apa?? makasih ya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kak ilham mau mulai gambar ya, mimin udah saranin aplikasi asik nih buat menggambar digital. Bisa diliat dipostingan mimin yang baru ya kak...

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Keren sekali blognya kak, dulu saya juga iseng mencoba menggambar digital di handphone kak lewat aplikasi picart,tapi tidak lagi kak soalnya gambar saya kurang bagus, mau bertanya kak hal hal dasar apa ya kak yang kita harus lakukan agar bisa menggambar digital dengan bagus?
    Semangat kak melanjutkan blognya~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh udah mulai coba ilustrasi digital nih pake Picsart, gamasalah kak setiap pemula memulai dari kurang bagus memang, dilanjutkan teruss kak biar makin keren. Oke kak dipostingan selanjutnya saya akan bagikan tips menggambar digital yang mudah ya kak. Stay tune terus ya kak disini. Oh ya kak, Jangan lupa Follow kami untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini :)

      Hapus
  12. Wihh manteb nih Kak, infonya! Saya jadi pingin mulai belajar gambar-gambar deh, meskipun kayanya ga ada bakat, hahahaa. Kira-kira kalo untuk pemula, lebih recommended cara yg mana yaa? Thank youu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaa Kak Ancil, ayok sini kita gambar bareng. Buat pemula, kalo aku sih ya kak lebih prefer menggambar secara tradisional, tapi kembali lagi semua orang pasti memiliki tingkat kesulitan masing masing dan keahlian masing masing ya kakkk. Oh ya juga sebenernya pemakaian cara nya itu juga tergantung nyaman yang mana ya, tapi eitsss awas terlalu nyaman akan membuatmu sulit berpaling. Eheeee.

      Hapus
  13. wahhhhh menarik sekali kontennya... berkat berkunjung kesini skill gambar saya jadi meningkat drastis kak ... trimakasiihhh lohhh wkwk.... kalo saya pribadi sih sebenarnya gak bisa gambar secara tradisional kak... karna saya gambarnya digital pakek AI... oiyaaa kak mungkin bisa dibahas website untuk download" gambar yang free sebagai referensi untuk saya menggambar ... terimakasihhhh ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh waduhh, skill gambar kak Zaki ini padahal sudah diatas rata rata saya lo kak, vectornya asik eheheh. Woahhh website download gambar buat refrensi ya? Oke oke siap kak, akan saya posting di apdet an selanjutnnya ya kak. Stay tune terus ya kak disini. Oh ya kak, Jangan lupa Follow kami untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini :)

      Hapus
  14. wahh bagus sekali nih infromasinya, saya kira hanya satu teknik menggambar menggunakan tradisional saja ternyata sudah ada yang digital yaa. ditunggu informasi terudatenya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terimakasih kak sudah berkunjung ke blog saya nih. Bener banget kak gambar ilustrasi makin berkembang jaman, makin berkembang juga tekniknya nih. Kalo mau liat apdet an terbaru bisa banget nih kak follow blog saya buat liat apdetan baru dari Art Station...

      Hapus
  15. Balasan
    1. Terimakasih kak ines sudah berkunjung ke Art Station. semoga senantiasa bermanfaat yaa..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer