Menggambar Ilustrasi itu Mudah Lho!

 

Tips Menggambar Ilustrasi Mudah bagi Pemula...

Hai hai hai Stationlicious, kali ini kita berjumpa lagi dalam tips menggambar ilustrasi yang simple dan tentunya ga bikin pusing bagi kalian yang baru ingin memulai terjun ke dunia Ilustrasi yang mengasyikkan ini. Etzeeee...
Yak langsung saja akan Niccin bagikan nih tips nya untuk kalian. Cekidottt...

1. Menyiapkan Alat dan Bahan yang sesuai Kemampuan dan Seadanya

Dalam hal apapun alat dan bahan merupakan komponen utamanya. Mengapa sesuai Kemampuan dan Seadanya? Sebagai manusia, seharusnya dalam memulai sesuatu kita mengetahui batasan kita. Termasuk dalam menggambar ilustrasi, sebaiknya kita menggunakan alat dan bahan yang telah ada dan mudah tentunya untuk digunakan. Tidak akan menjadi baik apabila kita memaksakan untuk membeli alat yang bagus tetapi tidak mudah penggunaannya, bahkan tidak kita butuhkan. Banyak orang menilai alat yang bagus akan mempengaruhi hasil gambar mereka. Nyatanya, hasil gambar yang baik itu selebihnya dipengaruhi oleh kemampuan menggambar dari Ilustrator itu sendiri.

Ini adalah rekomendasi alat dan bahan bagi kalian yang ingin memulai menggambar Ilustrasi Digital ya manteman. Itu yang Oren namanya Autodesk Sketchbook, apk yang menurut saya ringan dan lengkap, dan sebelahnya ada stylus pen untuk para pengguna smartphone. 
Ini adalah rekomendasi alat dan bahan bagi kalian yang ingin memulai menggambar Ilustrasi secara Tradisional ya manteman. Kalian pasti sangat familiar dengan sebagian besar alat diatas ya. Nah saya juga menggunakan alat alat ini untuk menggambar sehari hari.

2. Menemukan Role Model sebagai Inspirasimu


Role Model ini dapat berupa Artist panutanmu, tentunya yang dapat menginspirasimu. Dengan role model ini, kita akan dibawa berpikir "Gimana ya caranya gambar seindah itu?" "Wah itu lucu, akan menyenangkan jika dapat menggambar, seperti yang dia gambar" atau mungkin hal hal yang membuat mu dapat terinspirasi melalui gambar yang karakteristik khasnya hanya dimiliki oleh role modelmu. Seperti saya, saya tentunya memiliki role model sendiri dalam proses menggambar saya yang makin harinya bisa merubah atau memodifikasi style saya. Hal ini akan saya bahas dipostingan selanjutnya looo. Eheee... Oh ya beliau yang ada difoto namanya Miss Ivna Lins, role model dalam menggambarku.

3. Mulai Menggambar dari Hal yang Sederhana

Saat anda memulai menggambar, menggambarlah dari bentuk yang paling sederhana. Jangan muluk muluk untuk membuat sebuah mahakarya realisme indah menawan dan penuh kesempurnaan, jangan... Bukan ingin meremehkan bukan, tetapi akan menjadi menyenangkan jika kalian dapat menggambar dari hal yang paling sederhana tapi membuat satisfying, daripada menggambar dengan awal yang sulit dan akan membuat lelah sendiri. Tappi tidak masalah jika kalian bisa memulai dengan cara seperti itu.

4. Berlatih secara Rutin

Menggambar ilustrasi membutuhkan beberapa kali latihan tentunya untuk menghasilkan gambar yang baik. Sekali dua kali menggambar tidak cukup untuk merasa puas. Melatih tangan dengan terus menerus menggambar merupakan hal yang baik untuk perkembangan karakter dan kekhas an dari gambar kita itu sendiri. Jadi jangan mudah menjadi puas diri ya mantemanku, dilatih teros yok bagi yang sudah memulai gambar maupun yang sudah hobi menggambar.

5. Sharing dengan Teman 

Untuk bisa mengembangkan hasil gambar kalian dan agar dapat diketahui oleh orang banyak, yuk jangan lupa sharing dengan teman teman kalian. Dengan sharing, kalian akan bertemu dengan banyak orang yang mungkin nanti akan memuji, memberikan saran, mengkritik, bahkan mungkin ada yang mencaci. Eh gak gak gini eheheh. Intinya dengan sharing itu kalian bisa mendengarkan pendapat orang tentang gambar ilustrasi hasil karya kalian nih, orang orang juga dapat lebih mengapresiasi karya kalian dengan sharing. Seperti itu...

So... buat kalian yang lagi pengen mulai gambar nih, gausa khawatir gambar aku jelek ga asik ga menarik. Nononono, semua gambar pasti punya keunikan masing masing, semua orang bisa gambar gays. Asalkan dengan niat dan berlatih rutin pastinya hasil gambar kamu akan berkembang tiap tahapannya. SEMANGAT!!!!



Komentar

  1. Wahh, menarik nih. Keren juga ya hasil dari gambar ilustrasi-ilustasi buatan manusia. Nah sedikit cerita nih, saya tipikal orang yang sulit memahami sebuah seni😂Apalagi untuk menggambar sebuah ilustrasi, saya bingung apa yang akan saya gambar dan apakah gambar tersebut akan bagus dan menarik, saya tidak bisa memahani keindahan ilustrasi yang telah saya buat. Kasih saran atau tutorial dong agar dapat menggambar dan memahami sebuah seni terutama tentang ilustasi buat pemula😁 Oiya juga, saya juga ingin bertanya, saya pernah membaca bahwa sebuah seni tidak dapat kita nilai, apakah itu benar menurut mimin? Thanks min😁 ditunggu post update selanjutnya

    BalasHapus
  2. Terimakasih banget nih kak pertama tama sudah berkunjung ke blog saya. Oh ya buat tutorial kakak bisa langsung cek di update an terbaru Art Station ya... Seni tidak dapat dinilai? Karena saya hanya penikmat seni, yang kurang juga mendalami ilmu seni. Menurut saya pribadi seni itu pastinya memiliki nilai kak, baik positif negatif, setiap sesuatu karya yang dihasilkan tentu memiliki nilai begitu menurut saya kak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer